Cara membuat google custom search diblog

Cara membuat google custom search di blog, yang berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang ada diblog. Cara menggunakannya, masukan kata kunci tulisan ke dalam kotak search, lalu enter atau klik tombol search, maka artikel2 yang berhubungan dengan artikel yang dicari akan muncul. Contoh gambar kotak search google custom.

Cara membuat google custom search diblog
Seperti contoh gambar diatas, ada tulisan GoogleTM Pencarian Kustom didalam kotak penelusurannya. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat google custom search di blog. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Login ke blogger. Selanjutnya kunjungi situs ini https://www.google.com/cse/
  2. Lalu pada situs itu, Masukan alamat blog kamu. Dan atur languange nya ke bahasa indonesia(jika ingin seperti contoh gambar diatas) untuk bahasa inggris tulisannya kira-kira akan menjadi seperti ini GoogleTM Custom Search. Silakan diatur sesuai dengan yang diinginkan. Lalu klik Create.
  3. Cara membuat google custom search diblog
  4. Setelah itu klik get code dan copi kode scriptnya.
  5. Selanjutnya, kembali ke blogger. Pilih pengaturan Tata Letak > klik Tambahkan Gadget > HTML/Javascript dan pastekan kode script dari google tadi.
  6. Save dan tempatkan gadget sesuai dengan yang kalian inginkan. Selesai.
Untuk merubah tampilan kotak google custom search, kunjungi lagi situs  https://www.google.com/cse/ lalu  klik search engine yang telah dibuat tadi, dan pada pilih Look and Feel. Nah disitu ada pengaturan Layout, Themes, Customize, dan Thumbnail silakan atur sesuai dengan yang dinginkan. Setelah selesai memodifikasi tampilannya, klik Save & Get Code dan pastekan lagi ke Gadget HTML/Javascript di pengaturan Tata Letak tadi. 

Jika ingin hasil pencarian dari kotak seacrh google custom terbuka dihalaman tab baru. Pada pengaturan layout di situs google custom tadi, pilih Google Hosted dan pilih New Window. Jangan lupa disave dan ambil/copi kode scriptnya, dan pastekan kembali ke gadget HTML di blogger. Selesai. Semoga Bermanfaat.




    0 comments:

    Post a Comment

    Cara membuat google custom search diblog