Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Ampuh, Dijamin Awet!


 Baterai merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di tiap smartphone, baik itu Android dan juga iPhone. Karena merupakan komponen penting, pastinya banyak orang yang mencari cara untuk dapat menghemat baterai.

Cara Menghemat Baterai iPhone


Agar mereka dapat menggunakan smartphone tersebut dengan durasi waktu yang lebih lama. Nah, terkait hal ini Babang bakal mangulas cara menghemat baterai, khususnya di iPhone.

Jika kamu baru menggunakan iPhone dan belum tahu caranya, dapat melihat beberapa cara yang bakal Babang bagikan di sini. Mari disimak.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara menghemat baterai pada smartphone, baik itu Android ataupun iPhone sebenarnya tidak jauh berbeda. Cuma saja terdapat perbedaan dari segi fitur antar kedua tipe smartphone tersebut.

Setelah itu manfaat menghemat baterai di iPhone juga sangat banyak. Tidak hanya supaya awet, manfaat yang lain supaya komponen iPhone, khususnya baterai jadi tidak cepat rusak.

Karena seperti yang kita tahu, jika harga untuk mengganti baterai iPhone yang rusak agak menguras isi dompet. Langsung saja, berikut beberapa cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat rusak:

1. Cek Aplikasi yang Menghabiskan Baterai

Cara Menghemat Baterai iPhone


Pertama, kamu wajib cek aplikasi terpasang apa saja yang menghabiskan baterai di iPhone. Umumnya sih, ciri-cirinya aplikasi tersebut kerap memberikan notifikasi atau pemberitahuan ke perangkat kamu.

Tidak hanya notifikasi, aplikasi yang pernah kamu pasang dan tidak terpakai juga tetap membuat baterai iPhone jadi boros. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk uninstall beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai.

2. Aktifkan Low Power Mode

Cara Menghemat Baterai iPhone


Berikutnya kamu dapat mengaktifkan fitur Low Power Mode. Sekilas, Low Power Mode berperan untuk membatasi seluruh aplikasi yang aktif di latar belakang secara otomatis pada saat fitur ini diaktifkan.

Tidak hanya itu, proses unduh, install dan update aplikasi pula bakal dibatasi kecepatannya, agar baterai iPhone kamu tidak cepat habis. Biasanya, fitur ini sih dipakai pada saat baterai iPhone kamu sudah mau habis.

Berikut cara untuk mengaktifkan fitur Low Power Mode di iPhone:

  1. Cari dan buka fitur Shorctuts di kolom pencarian iPhone.
  2. Berikutnya ketuk Automation di bagian bawah.
  3. Kemudian ketuk tombol Create Personal Automation.
  4. Buka menu Low Power Mode.
  5. Terakhir, silakan atur Jumlah Kapasitas Baterai sesuai keinginan agar fitur Low Power Mode aktif secara otomatis.
  6. Selesai.

Kamu pula dapat mengaktifkan Low Power Mode secara manual. Tetapi cara ini kurang dianjurkan, karena fitur Low Power Mode biasanya dipakai cuma untuk pada saat baterai iPhone kamu sudah mau habis.

3. Mengurangi Brightness Pada Layar

Cara Menghemat Baterai iPhone


Kecerahanan layar yang tinggi pula dapat membuat baterai iPhone kamu jadi cepat habis. Oleh sebab itu, hendaknya kamu mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan saja.

Misalnya pada saat di ruangan gelap, kamu dapat mengurangi kecerahan layar hingga di nilai terendah. Sebaliknya jika di luar ruangan, kamu dapat tingkatkan kecerahan layar seperlunya saja.

Cara untuk mengatur kecerahan atau brightness pada layar iPhone seperti berikut:

  1. Buka menu Settings.
  2. Pilih menu Display & Brightness.
  3. Terakhir, atur nilai kecerahan di kolom Brightness. Geser ke kiri untuk kurangi kecerahan layar, sebaliknya ke kanan untuk meningkatkannya.
  4. Selesai.

Di sini, kamu dapat mengatur brightness iPhone secara otomatis juga sih. Caranya cukup tekan toggle ke kanan pada kolom Automatic. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengatur kecerahan layar lagi.

4. Gunakan Internet WiFi

Cara Menghemat Baterai iPhone


Menggunakan data seluler di smartphone, umumnya lebih banyak komsumsi baterai. Hal ini pula berlaku di iPhone.

Maka dari itu, hendaknya kamu memakai WiFi untuk internetan saja. Tetapi jika tidak memiliki WiFi, menggunakan data seluler tidak masalah juga.

Asalkan kamu menerapkan beberapa cara menghemat baterai iPhone lainnya yang Babang berikan di sini.

5. Nonaktifkan GPS

Cara Menghemat Baterai iPhone


Seperti yang kita ketahui, GPS merupakan suatu fitur yang berperan untuk memastikan titik lokasi kita berada. Tidak hanya itu, GPS ini pula sangat berguna untuk mencari iPhone kamu pada saat hilang.

Tetapi dibalik banyak kelebihan GPS, nyatanya fitur ini terbilang cukup mengkonsumsi banyak baterai di iPhone.

Jadi, anjuran dari Babang kamu tetap dapat mengaktifkan GPS pada saat di luar rumah dan beraktivitas. Sebaliknya jika sudah dirumah dan tidak ada kegiatan, fitur GPS ini dapat kamu matikan saja.

6. Mengurangi Notifikasi yang Muncul

Cara Menghemat Baterai iPhone


Notifikasi merupakan suatu fitur penting yang fungsinya untuk memberitahukan jika terdapat suatu hal tertentu di aplikasi. Misalnya seperti pada saat ada pesan, promo dan sebagainya.

Walaupun demikian, fitur notifikasi dari aplikasi pula mengkonsumsi energi baterai yang cukup besar. Karena aplikasi tersebut bakal terus aktif di latar belakang walaupun kamu tidak membukanya.

Nah oleh karena itu, harusnya beberapa aplikasi yang notifikasinya tidak begitu penting dapat kamu matikan saja. Cara untuk mematikan aplikasi aktif di latar belakang iPhone, dapat kamu lihat di bawah ini:

  1. Tekan menu Settings.
  2. Pilih menu General.
  3. Ketuk menu Background App Refresh.
  4. Kemudian matikan Aplikasi yang notifikasinya bagi kamu tidak begitu penting dengan menggeser toggle ke kiri.
  5. Selesai.

Rekomendasi dari Babang, aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, Line untuk tetap di aktifkan agar tidak delay pada saat terdapat pesan penting.

Sebaliknya yang dapat kamu matikan, seperti aplikasi online shop, sosial media, e-wallet dan sebagainya. Tetapi kembali lagi ke kebutuhan kamu ya.

7. Pakai Dark Mode

Cara Menghemat Baterai iPhone


iPhone mempunyai 2 mode yang dapat kamu gunakan, yakni Light dan Dark Mode. Fitur Light Mode biasanya dipakai pertama kali pada saat kamu membeli iPhone.

Dimana segala tampilan iPhone menunjukkan kecerahan dan warna yang beragam. Sebaliknya Dark Mode bakal membuat seluruh tampilan iPhone kamu jadi hitam dan dominan berwarna gelap.

Karena membuat tampilan gelap dan tidak banyak warna, Dark Mode ini sangat dianjurkan untuk kamu gunakan. Agar baterai iPhone jadi lebih hemat dibanding pada saat menggunakan Light Mode.

Cara untuk memakai Dark Mode di iPhone, dapat kamu lihat di bawah ini:

  1. Buka menu Settings.
  2. Berikutnya ketuk menu Display & Brightness.
  3. Aktifkan opsi Dark Mode.
  4. Selesai.

8. Jaga Suhu iPhone Tetap Dingin

Cara Menghemat Baterai iPhone


Pada saat menjalankan aplikasi atau membuka game tertentu, umumnya membuat iPhone kamu jadi panas. Apabila diteruskan, pastinya hal ini dapat membuat kerusakan di komponen iPhone kamu, termasuk baterainya.

Solusinya agar baterai tetap hemat yaitu dengan menjaga suhu iPhone kamu. Misalkan sudah panas, harusnya tutup semua aplikasi dan game berjalan.

Kemudian diamkan beberapa saat hingga suhu iPhone kembali normal. Pada saat sudah normal kembali, kamu baru dapat menggunakannya lagi. Dengan catatan tidak boleh membuka banyak aplikasi pada saat sedang menjalankan aplikasi atau game berat.

9. Nonaktifkan Fitur iOS yang Jarang Dipakai

Cara Menghemat Baterai iPhone


Salah satu keunggulan iPhone merupakan banyaknya fitur iOS yang terbilang menarik. Tetapi sayangnya, fitur-fitur di iOS ini bakal mengkonsumsi baterai iPhone kamu pada saat diaktifkan.

Maka dari itu, sebaiknya sih kamu dapat non-aktifkan beberapa fitur iOS yang tidak sering dipakai. Contohnya seperti SIRI, widget real time dan sebagainya.

10. Rutin Update iOS

Cara Menghemat Baterai iPhone


Apple terus meningkatkan sistem operasi iPhone. Tujuannya agar sistem operasi di iPhone tetap berfungsi secara maksimal dan memperoleh fitur-fitur baru.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk kamu agar terus update iOS secara rutin. Sebab di iOS terbaru, umumnya sistem operasi tersebut lebih normal dan mendukung fitur-fitur baru.

Dimana mungkin saja di versi sebelumnya terdapat fitur yang bermasalah, sehingga membuat baterai kamu cepat habis. Kemudian di versi terbaru, fitur tersebut diperbaiki agar tetap hemat baterai walaupun diaktifkan.

Akhir Kata

Jadi itulah cara menghemat baterai iPhone paling ampuh. Dengan menggunakan tutorial di atas dijamin baterai kamu akan bertahan lama ketika digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!





0 comments:

Post a Comment

Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Ampuh, Dijamin Awet!